SERU-SERUAN BARENG VIVALOVA HAPPINESS RACE




Menyongsong pagi di hari sabtu , 24 Novermber 2018 itu dengan semangat 45, seperti para pejuang kemerdekaan dulu. Ada hal baru yang menarik akan mewarnai hari ini. Sesuatu yang seru. Vacation! Melarikan diri sesaat dari rutinitas kantor bareng teman-teman Bloger,  Vlogger, Viva dan Happyone pastinya.

What’s our distination today? Kota Tua! Yeee Kota Tua. Beberapa minggu terakhir pengen banget aku ke Kota Tua. Cuma, atas nama kesibukan bekerja ga kesampaian deh. Sepertinya aku harus say thanks buat Viva dan Happyone nih. Dalam perjalanan dengan KRL, aku penasaran . Acara seperti apa sih yang akan mereka buat untuk para bloger dan vloger ini? Kenapa kita, para bloger dan vlogger ini di sarankan pake baju yang nyaman, sepatu yang nyaman, pake sun cream, kacamata hitam dan sedia jeket. Jeket, Guys! Pada hal aku gerah pake jeket. Demi sebuah jawaban atas penasaran, aku pake jeket dong.



Historia Café and Restaurant, Kota Tua, jam delapan lewat beberapa menit, aku sampai di meeting point, ya itu di Historia Café dan Restaurant. Seru cupika cupiki dengan teman-teman sebelum registrasi. Saat mengambil perlengkapan yang disiapkan panitia aku bingung melihat, tapi ga iseng nanya buat apa, selembar jas hujan transparan yang dilipat kecil dan rapi. Aku memilih topi dengan warna kesukaan aku, the blue hat. Yes! Love it.

Satu hal yang membuat seru, 4 dara ngumpul dong. Jadi bisa nge-vlog atau bikin Podcast lagi dong. Pasti seru nge-vlog dan nge-Podcast acara Vivalova Happiness Race. Pasti pada penasarankan hasil Podcast 4 dara, tungguin aja ya.

Ngelantur nih. Back to Vivalova Happiness Race bareng Viva dan Happyone di Kota tua.
Acara dimulai dengan sarapan bareng, kemudian penjelasan dari Pak L. Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra yang menjelaskan tentang produk Happyone. He said is : “ Happyone adalah produk asuransi persembahan Astra yang berbasis online. Happyone menawarkan produk asuransi Happyme, ini asuransi yang pada saat acara Vivalova Happiness Race meng-cover semua peserta, kemudian ada happyEdu untuk memastikan kelanjutan pendidikan anak-anak saat tertanggung, orang tuanya, mengalami kecelakaan. Terus, ada happyhome yang merupakan asuransi kebakaran, dan terakhir adalah happTrip yang menjamin keamanan perjalanan.
 
Setelah Pak Iwan, ada Ibu Lusi Liesdiani selaku Senior Vice President Digital Channel Asuransi Astra yang menjelaskan system digital yang digunakan sehingga mempermudah masyarakat yang ingin memperoleh asuransi happyOne.





Kemudian, acara Vivalova Happiness Race pun dimulai!!!

Seluruh peserta di bagi menjadi 10 grup, yang satu grup terdiri dari 5 orang yang dipilih secara acak. Sayangnya 4 dara tidak satu grup. Walaupun begitu tidak mengurangi keseruan acara pagi menjelang siang itu.

Aku bergabung di grup 7! 

Dan ternyata acara inti hari ini adalah mengunjungi situs sejarah dengan cara mencari jejak. Jadi ingat zaman pramuka, cari jejak. Sebenarnya banyak keseruan terjadi di acara ini, dan banyak banget ilmu dan pengalaman yang di dapat. Tapi aku lebih suka ceritain keseruannya dulu nih.

Dipandu oleh pemandu yang nantangin mau di pandu pake Bahasa apa? Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris apa Bahasa Belanda. Lucu dan cukup si Bapak ini. Dengan lugas dan terstruktur si Bapak (aku lupa namanya) menjelaskan situs sejarah yang dilewati.





Setelah itu, dengan titik start di depan bank BNI Vivalova Happiness Race dimulai dengan panitia memberikan klu di sebuah amplop kecil dengan Bahasa inggris. Dengan klu yang ada grup 7 keliling di pasar Glodok yang terkenal dengan Petak 9-nya. Sempat kesasar dan mutar-mutar di Glodok karena bingung dengan klunya, dan cara bertanya yang salah. Sempat berdebat, tapi Alhamdulillah kita dapat tempatnya dengan cape banget. Rasanya legaaaaaa banget. Fiuh!

Tempat pertama adalah sebuah vihara tua yang menjadi ikon salah satu pasar tertua di Jakarta ini, Vihara Dharma Bakti. Vihara ini di bangun 1650, dibangun untuk menghormati Dewi Kuan Im, Dewi Belas Asih. Sedikit tentang Vihara Dharma Bakti, awalnya di kenal dengan nama Jinde Yuan. Tahun 1740 Jinde Yuan dihancurkan untuk restorasi, dan dibangunkan kembali 1755 dengan hiasan merah dan kuning yang cerah. Yang menarik adanya pedagang burung di depan vihara. Mereka menjual burung buat kepentingan persembahan. Melepaskan burung merupakan simbol komitmen tidak makan daging seumur hidup, bagi yang melepaskannya saat ulang tahun, dan peruntungan bila dilepaskan pada saat imlek.

Di Vihara ini kami mendapat klu berikutnya, yaitu warung kopi legenda, Tak Kii. Sambil ngaso sesaat nikmati segelas kopi susu dingin yang seger itu serasa surga! Apa lagi cuaca amat sangat panas. Pastinya ngambil klu ke-3, rumah makan yang memiliki menu khas, Rujak Shanghai, Warung Rujak Encim Shanghai!

Rujak Shanghai tidak seperti umumnya rujak yang kita kenal. Rujak Shanghai merupakan campuran kangkung yang direbus dan potongan gurita yang dipotong kotak memanjang, yang kemudian disiram saus merah dan di taburi tumbukan kacang tanah goreng.

Lanjut ke klu berikutnya, beli manisan atau permen dengan warna-warna yang sudah ditentukan. Manisan atau permen ini menjadi klu ke pos berikutnya, yaitu Panjoran Tea House. Dengan memberikan permen yang tadi dibeli, memecahkan klu berikutnya dan kita menuju titik berikunya. Yaitu Historia Café and Resto….yeee finish!!!!

Mengelilingi pasar Glodok yang memiliki nilai sejarah panjang, berdiskusi dan berdebat untuk memecahkan klu. Ada kesel dan jengkel, pastinya. Selain seru, banyak nilai dan pelajaran yang di dapat dari event ini.

Kerjasama kelompok yang rapi, mengenal jejak sejarah, khususnya Jakarta yang dulu namanya Batavia. Yang paling penting adalah mengalahkan ego agar bisa menerima pendapat orang lain, tidak dengan merasa lebih tau segalanya. Serta mengutamakan proses dari pada hasil.

Sampai di garis finish bukan berarti acara selesai loh ya…masih ada keseruan lainnya. Masih ada makan siang bareng di Historia yang di setting dengan menonjolkan rasa tempo doeloe. Masih ada demo dan lomba (masih perwakilan kelompok) pembuatan bir betawi yang begitu legendaris, bir pletok. Bir yang ga bakal bikin mabok, malah bisa mengusir angin dalam tubuh! Ntah juga kalo minumnya segalon. Dan terakhir adalah pengumuman pemenang. Dari pemenang Happiness Race sampai the best simpatisan. Dari pemenang sosial media, kita di wajibkan memposting photo setiap post di Instagram masing-masing sampai the best team.

Seru? Banget! Tambah ilmu, tambah temen!

Hope! Ada lagi acara serupa. Semoga lain kali lebih ke alam ya. Kalo kali ini cari jejak di hutan yang penuh pohon gedung, semoga lain kali ada lagi tapi dengan pohon beneran. 

By the way…..makasih Viva dan Astra HappyOne!!!!!(ahn)

NOTE! tungguin vlog dan podcast 4 dara ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOMETHING IN BETWEEN

Selembar Itu Berarti (film)

FILM - THE GIFT 2018