ALPHA (FILM)

SINOPSIS

Bercerita tentang kehidupan di akhir zaman es di dataran Eropa. Seorang pemuda dipersiapkan menggantikan sang ayah sebagai pemimpin sukunya.

Dalam sebuah perburuan menjelang musim dingin yang di pimpin ayah sang pemuda sebagai kepala suku, sang pemuda jatuh ke jurang, tidak sadarkan diri. Susahnya lokasi tempat sang pemuda terjatuh di tambah tidak sadarkan dirinya, membuat ayah dan anggota suku menganggap sang pemuda sudah meninggal dunia. 

Di tinggal sendirian dengan kondisi terluka berat, Sang Pemuda berjuang mempertahankan hidup di belantara  yang teramat sulit. Belajar berburu dan melindungi diri dari pemangsa, ditambah musim dingin yang kemudian datang dengan badainya.



ALPHA
Alpha merupakan cerita asal mula manusia berteman dengan jenis serigala, yang kemudian kita kenal anjing saat ini. Perlakuan baik Si Pemuda membuat Alpha yang tadinya musuh, menjadi temannya berjuang kembali pulang, dan kemudian menjadi peliharaan di perkampungan sukunya.
Sebuah film yang sangat menarik. Biasanya kita hanya membaca di buku bagaimana cara bertahan hidup manusia purba dari ekstrimnya alam dan cuaca. Banyak nilai pengetahuan di film ini. Dari kehidupan manusia zaman dulu sampai arti seorang pemimpin, persahabatan, perjuangan hidup dan nilai sebuah keluarga.

YANG MENARIK 
Banyak hal menarik di film ini. Dari konstum yang sangat rinci, bahasa yang dari awal sampai akhir sangat kosisten, tanpa memasukkan unsur bahasa Inggris atau lainnya. Sering sekali film yang berlatar belakang kisah zaman dulu bahasa yang digunakan tetap bahasa Inggris. Ini karena agar lebih mudah buat dimengerti dan terjemahkan. 
Kemudian ada menentukan arah dengan petunjuk bentuk rasi bintang. Visual yang keren kehidupan diakhir zaman es. Langit malam yang masih bersih dari polusi, dan dahsyatnya badai salju.
Beberapa scene yang sangat berkesan, salah satunya scene Si Pemuda jatuh ke jurang. Itu bener-bener take shoot yang keren banget, selain detail kostum ada alat-alat yang digunakan juga dipikirkan dengan cermat oleh tim kreatif. Terbayangkan bagaimana para cast belajar menghidupkan api dari gesekan dua batang kayu.


YANG KHILAF
Ada satu hal menarik dan mencuri perhatian dari film ini, penggunaan kata "ayah" saat Si Pemuda memanggil ayahnya. Sementara, dari wikipedia kata "ayah" berasal dari bahasa Hindi "aya". Apakah ini bisa diartikan pada zaman itu benua Asia dan Eropa masih berupa sebuah daratan besar? 

Tidak ada prolog pada film ini. Sehingga penonton tidak tahu kejadiannya di dataran bumi sebelah mana cerita ini disetting. Hanya wajah dan make up para cast yang menyerupai masyarakat kutub zaman dulu.

Binatang-binatang yang menjadi bagian dari film ini. Karena menghadirkan bentuk-bentuk hewan di film ini menggunakan CGI, sebaiknya hewan sekelas mamoot pun di tampilkan. Begitu juga bentuk Hyena zaman 20ribu tahun yang lalu. Seharusnya bisa di adaptasi lebih mendekati dengan CGI.



Keinginan untuk tetap hidup membuat seseorang berani melakukan apa pun juga, walau pun tadinya dia tidak mau melakukannya, seperti berburu misalnya. Di hutan berantara hukumnya hanya satu, memburu atau di buru. (ahn)




Directed                       : Albert Hughes
Produced                     : Andrew Rona
Screenplay                   : Daniele Sebastian Wiedenhaupt
Story                            : Albert Hughes
Starring                        : Kodi Smit-McPhee
                                      Johannes Haukur
                                      Johannesson

Music                           : Joseph S. DeBeasi
Cinematography          : Martin Gschlacht
Edited                          : Sandra Granovsky
Production                   : Columbia Pictures
                                       Studio 8
                                       The Picture Company
Distributed                 : Sony Pictures Releasing




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOMETHING IN BETWEEN

Selembar Itu Berarti (film)

FILM - THE GIFT 2018