Yok! Rencanain Hari Tua Mulai Sekarang.


Assalamu'alaikum, Readers

Kali ini aku mau menghimbau, khususnya kaum milenial nih untuk merencanakan kehidupan dari awal sekali. Maksudnya awal itu adalah segera setelah, paling tidak, setelah kita punya penghasilan.

Kenapa?

Merencanakan hidup menjadi hal sangat penting, agar tau apa yang ingin kita raih. Langkah apa yang harus diambil untuk menggapai goal yang diinginkan. Salah satu hal penting yang harus direncanakan adalah cast flow atau keuangan. Ini penting, karena ini akan berkaitan dengan kehidupan kita di hari tua nanti.

Ini bukan urusan gampang loh. Sepele kelihatannya, tapi ga segampang itu pada prakteknya. Pada kenyataannya banyak sekali orang-orang yang terlihat kesulitan menabung apa lagi berinvestasi. Menabung konvensional pada produk perbankan, menurut aku bukan solusi keuangan jangka panjang ya. Karena gampang sekali buat kita "gatelan" ngambil saldo tabungan. Investasi pada satu produk atau pun pada sebuah bisnis menjadi alternatif.

Asuransi. Asuransi menjadi salah satu alternatif menabung sekaligus berinvestasi, plus tempat kita mengatur keuangan yang kita peruntukan di hari tua, atau mungkin bisa di wariskan pada anak cucu. Aku menyebutnya tempat kita mengatur keuangan, karena di produk asuransi, terutama Asuransi Retirement Life Plan, kita bisa memperkirakan berapa kemampuan kita menyisikan penghasilan kita dalam 1 bulan untuk tabungan hari tua, mau seberapa besar uang pertanggungannya, dan mau berapa lama kita melakukan investasi? Sehingga kita pun bisa  merencanakan apa yang harus kita kerjakan untuk mencapai target yang sudah kita tetapkan.

Misalnya nih, buat tabungan hari tua kita tetapkan lima ratus ribu per bulannya dan akan kita gunakan pada usia kita 60 tahun. Nan kita bisa merencanakan kerja kita untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, plus menabung Rp 500.000/bulan. Dengan asuransi, tabungan Rp 500.000/bulan itu tidak bisa kita ambil sesuka hati. Karena ada pinalti pencairan dana sebelum jatuh tempo. Ini membuat kita lebih sabar dan tertib tiap bulan menabung.

Saat ini banyak sih perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi yang diperuntukan saat kita memasuki usia tua. Banyak formulasi asuransi pensiun, begitu banyak disebutnya, yang dikombinasi dengan berbagai asuransi lainnya. Misalnya di kombinasi dengan asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, dan atau tabungan.

Menurut aku nih, formulasi ini membuat simple pengguna asuransi. Tidak perlu banyak polis untuk berbagai asuransi yang dibutuhkan. Pada beberapa produk asuansi kita bisa menentukan kemampuan bayar kita, dan atau menentukan berapa besar pertanggungan yang kita inginkan.

Seperti Sequis yang membantu menyiapkan masa pensiun dengan Asuransi Retirement Life Plan yang memiliki manfaat Uang Pertanggungan bagi Tertanggung dan keluarga berdasarkan plan yang dipilih.

Asuransi Retirement Life Plan menawarkan :

·  Uang Pertanggungan (UP) akan dibayarkan jika Tertanggung meninggal dunia sebelum usia pensiun atau sesudah usia pensiun (berdasarkan plan yang dipilih)
 
·  Death Terminal Bonus* akan dibayarkan sampai dengan 100% UP (sesuai dengan tabel perhitungan Tahun Polis pada saat kejadian meninggal dunia)
 
·  Manfaat pensiun 100% dari UP akan dibayarkan apabila Tertanggung bertahan hidup pada usia akhir tahun Polis (berdasarkan plan yang diambil)
 
·  Manfaat Jatuh Tempo akan dibayarkan yaitu 100% dari UP apabila Tertanggung mencapai usia 100 tahun ditambah Maturity Terminal Bonus** hingga 100% dari UP
 
·  Dapat dikombinasikan dengan asuransi tambahan (Rider):

Accident Rider Short
Sequis Q Health Platinum Rider
Accident Rider Long
Payor Benefit Rider
Accident Death & Disablement Rider
Family Benefit Rider
Accident Death & Disablement Long
Spouse Benefit Rider
Level Term Rider
Waiver Premium Disability
Dread Disease Rider Short
Waiver Premium Disability Dread Disease
Dread Disease Rider Long


·  Memiliki fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah, yaitu:

Nilai Tunai
Masa Keleluasaan
Pinjaman Polis Otomatis
Pemulihan Polis
Polis Bebas Premi, Uang Pertanggungan Berkurang
Pinjaman Polis
Perpanjangan Masa Pertanggungan Asuransi
Perubahan Uang Pertanggungan
Masa Mempelajari Polis
Perubahan Metode Pembayaran Premi



Jadi Readers, mulai yok kita menyusun atau mengatur cast flow kita. Agar kita nyaman di hari tua nanti. Bisa menikmati hari tua tanpa ke akhwatiran tentang kehidupan sehari-hari.
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOMETHING IN BETWEEN

Selembar Itu Berarti (film)

FILM - THE GIFT 2018